[:en]Green Urban Farming di Perumahan Sukaasih Bandung[:]

[:en]Green Urban Farming di Perumahan Sukaasih Bandung[:]

[:en]

Perumahan Sukaasih merupakan perumahan yang sudah ada sejak tahun 1980 yang terletak di RW 7 Kelurahan Sindangjaya Kecamatan Mandalajati Kota Bandung. Oleh karena perumahan ini merupakan perumahan lama, maka mayoritas penduduknya adalah para pensiunan. Sebagian besar dari warga adalah pensiunan pegawai negeri sipil dan swasta.  Dengan tidak adanya aktivitas rutin sebagai dahulu saat bekerja, para pensiunan ini tetap perlu memelihara aktivitasnya dengan tujuan menjaga kesehatan jasmani dan rohani. Walaupun demikian, mengingat usia yang tidak lagi muda, maka aktivitas yang dilakukan haruslah yang menyehatkan jasmani dan rohani, serta tidak terlalu menguras tenaga.

Selama ini, aktivitas fisik rutin yang dilakukan adalah jalan pagi secara berkelompok di seputaran komplek perumahan. Walau aktivitas ini sangat baik, tetapi karena tidak ada variasi aktivitas maka kegiatan ini menimbulkan kebosanan. Perlu ada alternatif aktivitas yang dapat membantu para pensiunan untuk tetap aktif berkegiatan.

Pengusul melihat bahwa salah satu alternatif aktivitas lain yang dapat dilakukan para pensiunan tersebut adalah berkebun. Dari berbagai literatur diperoleh bahwa banyak sekali manfaat dari aktivitas berkebun ini, diantaranya: i) membakar kalori tubuh, ii) menurunkan risiko penyakit jantung, iii) meningkatkan daya tahan tubuh, iv) menjaga kesehatan otak, dan v) meningkatkan koordinasi dan kekuatan tangan.

Hingga pada tanggal 20 Juni 2019, Fakultas Telkom University melakukan kegiatan hibah perangkat green urban farming. Dengan dihadiri langsung oleh ketua RW sukaasih dan beberapa tokoh masyarakat, membuat kegiatan ini mampu menjadi aktifitas baru bagi mereka. Telkom University juga turut memberikan pelatihan singkat dan diskusi ringat terkait tren berkebun memanfaatkan teknologi seperti ini.
Diakhir kegiatan, ketua RW selaku perwakilan dari masyarakat berterimakasih dan merasa senang telah mengambil bagian dari program ini. Kedepannya, semoga semakin banyak manfaat yang akan dirasakan masyarakat dari keberadaannya Telkom University sebagai salah satu kampus terbaik di area Bandung Raya.

 [:]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *