[:en]Hibah Sistem Absensi Berbasis Fingerprint pada TK Tunas Cilik [:]

[:en]Hibah Sistem Absensi Berbasis Fingerprint pada TK Tunas Cilik [:]

[:en]Maraknya kasus penculikan anak dalam dua tahun terakhir menyebabkan pihak sekolah perlu melakukan tindakan preventif untuk meminimalisir peluang terjadinya penculikan. Khususnya pada tingkat taman kanak (TK) dimana siswa TK masih belum dewasa secara fisik maupun psikis untuk menghindari penculikan. Salah satu peluang penculikan pada tingkat TK atau SD adalah pada saat penjemputan. Penculik dapat memanfaatkan momen penjemputan untuk melaksanakan aksi penculikan. Potensi penculikan pada saat penjemputan dapat diminimalisir dengan menerapkan sistem yang mampu mengindentifikasi penjemput sebelum diizinkan menjemput anak. Sistem yang dibuat mampu mengindentifikasi penjemput dan menggunakan biometrik (fingerprint/sidik jari) untuk proses autentikasinya.

Universitas Telkom memiliki tanggungjawab untuk mengimplementasikan keilmuan kepada masyarakat dalam kegiatan pengabdian masyarakat, sehingga keilmuan yang selama ini dipelajari dan dikembangkan dalam dunia akademik dapat dimanfaatkan dalam dunia nyata. Sejalan dengan kebutuhan sistem identifikasi dan autentikasi penjemputan untuk anak sekolah, dosen-dosen yang tergabung dalam kelompok keilmuan telematika di fakultas informatika mengembangkan sistem validasi penjemputan siswa TK dengan memanfaatkan autentifikasi fingerprint. Sistem ini kemudian integrasikan dengan jaringan internet untuk mendapatkan dan mengelola data kehadiran siswa, orang tua/wali siswa, dan guru-guru di TK.

Sistem fingerprint yang dibangun telah diimplementasikan di salah satu TK di Bandung yaitu TK Tunas Cilik yang berada di daerah Mandalajati Kota Bandung. Pada kegiatan serah terima sistem validasi penjemputan pada tanggal 27 April 2019, Tim dosen dari KK telematika menjelaskan dan memperagakan penggunaan fingerprint dan sistem pendukungnya untuk meminimalisir terjadinya kasus penculikan pada saat penjemputan. Perangkat dan sistem telah diterima oleh Kepala TK Tunas Cilik Ibu Rita Siti Mariam, yang dalam sambutannya berharap sistem dapat dikembangkan lagi sehingga nantinya orang tua juga dapat melakukan monitoring kegiatan belajar siswa di sekolah.

[:]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *