Workshop Cyberbullying dan Bijak dalam Bermedia Sosial di SMP PGRI 2 Ciledug Tangerang.

Workshop Cyberbullying dan Bijak dalam Bermedia Sosial di SMP PGRI 2 Ciledug Tangerang.

Pada era digital seperti saat ini interaksi dengan media sosial sudah menjadi sebuah life style terutama bagi masyarakat yang hidup di kota-kota besar. Didukung oleh fasilitas berupa akses internet yang memadai, relatif mudahnya mendapatkan Smartphone, tersedianya berbagai jenis platform media sosial yang online selama 24 jam, serta berbagai jenis kemajuan teknologi lainnya, mengakibatkan hampir setiap aktifitas yang dilakukan tidak terlepas dari keterkaitan dengan media sosial. Oleh karena itu, diperlukan pembekalan semenjak usia dini untuk menghadapi berbagai jenis dampak, baik positif ataupun negatif, dari interaksi dengan media sosial.

 

Berdasarkan motivasi tersebut, pada tanggal 08 Juni 2024, KK Communication and Infomation Technology Infrastructure (CITI) Fakultas Informatika Telkom University, yang diwakili oleh beberapa tim dosen melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang mengambil tema utama “Waspada Cyberbullying dan Cyberattacking” di SMP PGRI 2 Ciledug, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan dalam bentuk Workshop, setiap dosen yang berperan sebagai narasumber menyampaikan materi pembekalan disertai praktik (menggunakan smartphone) yang berinteraksi secara langsung dengan peserta workshop.

 

Berikut daftar narasumber tim dosen dari KK CITI yang ikut berpartisipasi didalam kegiatan pengabdian masyarakat di SMP PGRI 2 Ciledug:

  1. Muhamad Irsan, S.T., M. Kom., sebagai duta perwakilan sekolah penggerak.
  2. Dr. Farisya Setiadi, S.T., M.T.I., menyampaikan materi workshop yang berjudul “Media Sosial: Sahabat atau Ancaman?”.
  3. Febri Dawani, S.T., M.T., menyampaikan materi workshop yang berjudul “Keamanan Data Pribadi”.
  4. Satria Akbar Mugitama S. Kom., M.Kom., menyampaikan materi workshop yang berjudul “Mengenali Jenis Cyberattacking”.
  5. Muhammad Faris Fathoni S.T., M.T., Ph.D. menyampaikan materi workshop yang berjudul “Waspada Cyberbullying”.

 

Kegiatan workshop ini dibuka oleh Drs. Marsono, M.Pd., sebagai kepala sekola SMP PGRI 2 Ciledug. Workshop dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi pertama yang dilaksanakan di pagi hari, dengan peserta workshop adalah orang tua murid beserta guru dan tenaga pendidik. Kemudian untuk sesi kedua dilaksanakan siang hari, dengan peserta workshop adalah murid didik SMP PGRI 2 Ciledug. Untuk mengukur pemahaman para peserta workshop, pada setiap akhir sesi, peserta diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan dalam bentuk quiz online interaktif yang dipandu oleh narasumber dan moderator. Untuk beberapa peserta yang memperoleh nilai quiz tertinggi, diberikan penghargaan dalam bentuk hadiah kenang-kenangan dari tim dosen Telkom University.

 

Kegiatan ini diakhiri dengan dokumentasi foto bersama antara tim dosen beserta peserta workshop. Pihak SMP PGRI 2 Ciledug juga memberikan beberapa feedback sebagai usul dan saran untuk meningkatkan kualitas jenis kegiatan yang sama di masa yang akan datang. Diharapkan dari kegiatan workshop ini dapat membekali generasi muda, khususnya para pelajar usia dini tentang dampak positif ataupun negatif dari kemajuan teknologi, khususnya yang berkaitan dengan penggunaan teknologi Internet seperti media sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *