PELATIHAN APLIKASI EDUKATIF PEMBELAJARAN BERFIKIR KOMPUTASIONAL SECARA DARING UNTUK GURU PAUD DI DESA PANANJUNG KAB. PANGANDARAN

PELATIHAN APLIKASI EDUKATIF PEMBELAJARAN BERFIKIR KOMPUTASIONAL SECARA DARING UNTUK GURU PAUD DI DESA PANANJUNG KAB. PANGANDARAN

Computational Thinking (CT) atau berfikir komputasional adalah serangkaian pola pemikiran yang meliputi pemahaman dari permasalahan dengan gambaran yang sesuai, bernalar pada beberapa level abstraksi dan pengembangan dari penyelesaian otomatis [1]. CT menjadi dasar bagi Bidang Informatika dan sangat erat kaitannya dengan teori komputasi. CT harus menjadi dasar bagaimana seseorang berfikir dan menciptakan dan menggunakan beberapa tingkatan abstraksi, mulai memahami persoalan sehingga mengusulkan pemecahan solusi yang efketif, efisien, “fair” dan Aman [2].

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (KemenDikBudRisTek) telah membuat Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran pasca pandemik Covid-2019. Pada SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 719/P/2020 yang intinya Pemerintah memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan untuk mengimplementasikan kurikulum hasil pengembangan salah satunya adalah Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka [3].

Pada Kurikulum Merdeka jenjang PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan SD (Sekolah Dasar) Kelas Awal, Kebijakan penguatan Literasi Dasar terus dilanjutkan dan masalah pembelajaran literasi dini (early literacy) dan numerasi dini melalui kegiatan bermain-belajar yang dianjurkan dimulai dengan guru membaca nyaring (read aloud) buku bacaan anak, diikuti dengan berbagai aktivitas yang mengembangkan kemampuan literasi dasar. Dimana kegiatan ini untuk mendukung perkembangan anak agar siap bersekolah (school-ready).

Selain itu Kemendikbudristek akan menambah muatan Informatika menjadi bagian dari Kurikulum 2013 pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Walaupun muatan ini akan diterapkan di Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, namun pentingnya muatan Informatika dapat diajarkan kepada peserta didik sejak usia dini [4].

Pada Kurikulum Merdeka salah satu elemen capaian Pembelajaran pada PAUD diarahkan untuk menguatkan kemampuan dasar literasi (early literacy) dan numerasi dini untuk mendukung kemampuan bernalar kritis, kreatif dan kolaboratif dan menunjukkan kemampuan awal menggunakan dan merekayasa teknologi serta untuk mencari informasi, gagasan dan keteramplan secara aman dan bertanggung jawab agar anak didik siap bersekolah (school-ready)[5].

Tujuan kegiatan Pengabdian Masyarakat salah satu Kelompok Dosen Kelompok Keahlian Cyber Physical System yang terdiri dari Dosen Andrian Rakhmatsyah, Dr. Vera Suryani, Dr. Bayu Erfianto dan Dr. Fazmah Arif Yulianto ialah Mengenalkan lebih jauh mengenai pembelajaran berfikir komputasional bagi Guru PAUD di Desa Pananjung. Umpan balik yang dihasilkan dari kegiatan ini antara lain bahwa Kegiatan ini sangat menarik, dan bermanfaat untuk para guru PAUD di Desa Pananjung, Kab. Pangandaran. Dalam sesi sharing dan diskusi dengan para Guru PAUD, Tim Abdimas yang juga merupakan para mantan Ketua Program Studi di Fakultas Informatika ini juga memberikan sharing pengalaman dengan para Guru PAUD, terkait bagaimana mengelola ekspektasi orang tua yang berlebihan disaat memasukkan anak-anaknya mengiktu Pendidikan di PAUD. Dalam kegiatan ini, juga dihadiri oleh Isteri Kepala Desa Pananjung, Kab. Pangandaran. Dalam kesempatan itu pula, Isteri Kepala Desa menyambut baik masukan dari Tim Abdimas dan Para Guru PAUD yan hadir untuk program selanjutnya di Desa Pananjung. Sebanyak 81,6% menyatakan Setuju dan 18,2% menyatakan Sangat Setuju bahwa kegiatan ini sudah sesuai dengan tujuan dan 72,7% Setuju dan 27,3% Sangat Setuju bahwa kegiatan ini sesuai kebutuhan dari peserta.

Pustaka

  1. Tak Yeon Lee, “CTArcade: Computational Thinking with Games in School Age Children”, International Journal of Child-Computer Interaction 2 (2014)
  2. Bebras.or.id, “Tantangan Bebaras Indonesia 2017 Bahan belajar Computational Thinking”, NBO Bebras Indonesia, 2017
  3. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, “Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran”, Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Edisi 1, Februari 2021
  4. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, 2019, Pedoman Implementasi Muatan/Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013 Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah
  5. Salinan Keputusan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi No. 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pemmbelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka