TRANSFORMASI DIGITAL DALAM PENDIDIKAN PENERBANGAN: PENDAMPINGAN PENGAYAAN KONTEN LMS UNTUK BLENDED-BASED LEARNING YANG LEBIH EFEKTIF

TRANSFORMASI DIGITAL DALAM PENDIDIKAN PENERBANGAN: PENDAMPINGAN PENGAYAAN KONTEN LMS UNTUK BLENDED-BASED LEARNING YANG LEBIH EFEKTIF

Politeknik Penerbangan Curug merupakan institusi pendidikan tinggi non-profit yang berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui implementasi Learning Management System (LMS). Meskipun LMS telah diadopsi, pemanfaatannya belum optimal, terutama dalam pengisian dan pengayaan konten untuk mendukung pembelajaran hybrid. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan pemahaman dan keterampilan tenaga pengajar dalam mengembangkan materi digital yang interaktif dan sesuai dengan kurikulum penerbangan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan program pelatihan dan pendampingan intensif bagi dosen dan staf pengajar di Politeknik Penerbangan Curug. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam mengelola dan mengembangkan konten LMS secara efektif. Kegiatan yang direncanakan meliputi workshop pengembangan materi ajar digital, pelatihan teknis penggunaan fitur-fitur LMS, serta pendampingan dalam implementasi pembelajaran hybrid. Dengan demikian, diharapkan terjadi peningkatan kualitas pembelajaran yang lebih interaktif dan adaptif terhadap perkembangan teknologi di bidang pendidikan penerbangan. Selain itu, optimalisasi penggunaan LMS akan memberikan fleksibilitas bagi taruna dalam mengakses materi pembelajaran, memungkinkan kolaborasi antar mahasiswa, dan memberikan fleksibilitas waktu belajar. Hal ini sejalan dengan upaya global dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas dan aksesibilitas pendidikan, khususnya dalam konteks pembelajaran hybrid yang adaptif terhadap perkembangan zaman. Dengan pelaksanaan program ini, Politeknik Penerbangan Curug diharapkan dapat memaksimalkan potensi LMS sebagai sarana pembelajaran yang efektif, meningkatkan kompetensi digital tenaga pengajar, dan pada akhirnya menghasilkan lulusan yang siap bersaing di era industri 4.0. Solusi yang ditawarkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini difokuskan pada peningkatan kapasitas tenaga pendidik melalui pelatihan teknis dan pedagogis dalam pemanfaatan Learning Management System (LMS) sebagai sarana utama pembelajaran hybrid. Permasalahan utama yang dihadapi mitra, yakni belum optimalnya pemanfaatan LMS dalam kegiatan belajar mengajar, direspon dengan intervensi berbasis metode Direct Instruction dengan Guided Practice yang dirancang untuk membangun pezmahaman konseptual sekaligus keterampilan praktis secara terstruktur.
Ketua Tim FARAH AFIANTI (NIP: 23860001)
Anggota Tim 1
ARI MOESRIAMI BARMAWI (NIP: 08600006)
INDRA AULIA (NIP: 23900008)
Anggota Mahasiswa
M AZWAR ZULMI (NIM: 203022320009)
JURI PEBRIANTO (NIM: 203022320003)
RAFI ATHALLAH SJAKHA (NIM: 103062330048)
DAVID CHANDRA (NIM: 103062330056)
MUHAMMAD RAIA PRATAMA PUTRA WIBOWO (NIM: 103062300043)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *